Api Penyucian




Saat manusia mati, manusia akan dihakimi oleh Allah. Ada tiga tempat yang akan menjadi tujuan jiwa-jiwa tersebut. Jika berdosa berat, jiwa tersebut akan menuju ke neraka. Jika meninggal dalam keadaan kudus, maka jiwa tersebut akan masuk ke surga. Jiwa-jiwa yang sudah ada di neraka atau surga tidak perlu didoakan. Keadaan mereka sudah kekal.

Tetapi ada keadaan ketiga, yaitu saat manusia masih mempunyai dosa ringan atau masih mempunyai sisa hukuman dosa di dunia. Tempat bagi jiwa-jiwa seperti ini adalah Api Penyucian.

Jiwa-jiwa dibersihkan dari sisa-sisa dosa/hukuman dosa yang membuat mereka masih belum pantas masuk surga. Kelak, jika jiwa-jiwa tersebut sudah melunasi hukumannya, jiwa-jiwa tersebut akan menuju surga.

Masa tinggal jiwa-jiwa tersebut di api penyucian bisa lama atau sebentar, tergantung dari sisa-sisa dosa/hukuman dosa mereka. Jiwa-jiwa yang terdapat disana tidak dapat membantu diri mereka sendiri. Mereka tidak dapat berdoa untuk diri sendiri, sebab saat mereka mati semua ganjaran dari Tuhan sudah selesai. Manusia di dunia dapat membantu mempersingkat masa tinggal mereka disana dengan berbagai cara.

Cara pertama adalah dengan mendoakan mereka, agar Allah mengampuni mereka sehingga mereka dapat secepatnya bertemu dengan Allah.

Cara kedua adalah dengan memberikan indulgensi yang kita dapatkan untuk mereka. Indulgensi dapat dilakukan dengan doa tertentu atau melakukan perbuatan tertentu.

Marilah kita beramai-ramai mendoakan mereka. Pada suatu saat nanti, ketika mereka sudah berada di surga, mereka juga akan mendoakan kita.

Api Penyucian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer
Powered by Blogger.