Santo Yohanes dari Nepomuk



Yohanes Nepomuk
Lahir: 1345
Wafat: 20 Maret 1393
Pesta: 9 Mei

Yohanes Velflin dari kota Nepomuk adalah seorang iman yang kudus. Lahir pada tahun 1345 di Bohemia, yang sekarang menjadi Republik Chechnya. Sempat belajar di Universitas Charles di Praha dan mempelajari hukum gereja pada tahun 1383 di Universitas Padua, Italia, menjadi doktor di tahun 1387 dan diangkat sebagai vikaris jendral uskup Praha di tahun 1390. Dia hidup pada pemerintahan Wenceslaus IV di Bohemia, seorang penguasa dari Roma.

Wenceslaus sering melihat permaisurinya, Ratu Yohana, mendatangi Yohanes. Tahulah dia, bahwa ratunya itu sering mengakukan dosa. Tetapi ia heran. Ratu Yohana terkenal sebagai orang yang suci. "Dosa apa yang sekiranya diperbuatnya?"

Wencenslaus memerintahkan Yohanes menghadap dan bertanya padanya.Yohanes diam. Raja memerintahkah memotong jari kakinya. Sekali lagi raja bertanya padanya. "Apa dosa permaisuriku?"

Yohanes diam. Raja semakin murka. Algojo memotong seluruh jari tangannya.Mulutnya mengucap doa tanpa henti  agar Tuhan mau mengampuninya.  "Oh Yesus. Oh Maria." Ucapnya berulang-ulang.

"Potong semua tangan dan betisnya."

"Oh Tuhan. Jadilah kehendakMu," ucap Yohanes lirih.

"Masih berlagak kamu mengejekku. Ambil obor dan tusuk-tusuk badannya."

Mata Yohanes terpejam. Ditanggungnya semua itu dengan sabar. Kunci Illahi benar-benar menutup mulutnya agar tidak mengatakan dosa-dosa yang diakukan permaisurinya.

Tiga algojo itu menyeretnya dari penjara. Mereka membawanya ke Sungai Moldau. Salah satu dari mereka mengambil batu besar dan mengikatnya dengan tali. Dengan tertawa-tawa, mereka mengalungkan ujung tali pada leher Yohanes. Tak lama kemudian, mereka menenggelamkan tubuhnya di derasnya arus sungai. Yohanes Nepomuk wafat pada tanggal 20 Maret 1393.

Dini hari esok, dua orang sedang berjalan-jalan di tepian sungai. Dari jauh mereka melihat suatu sinar terang di tepi sungai. Diatasnya, ada lima titik bersinar terang. Mereka sangat ketakutan tetapi penasaran dengan pemandangan itu. Mereka memberanikan diri mendekati tempat itu dan terkejut. Disana mereka melihat mayat yang keadaannya mengerikan. Kedua tangan dan betisnya hilang, sedangkan di sekujur tubuhnya ada titik-titk hitam seperti bekas ditusuk-tusuk.

Pagi itu heboh. Berbondong-bondong orang datang ke sungai dan segera mengetahui bahwa itu adalah jenazah Yohanes Nepomuk. Mereka segera menguburkannya. Namun pada tanggal 16 Mei 1393, jenazahnya dipindah ke Katedral Praha.

 Di tahun 1719. makamnya di Katedral Praha dibongkar. Mereka terkejut karena lidah jenazah sama sekali tidak rusak.Yohanes dari Nepomuk dikanonisasi sebagai santo pada tahun 1729, dan dianggap sebagai pelindung kebijaksanaan, banjir, dan fitnah.

Santo Yohanes dari Nepomuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer
Powered by Blogger.